ACARA SEDEKAH BUMI (APITAN) DI DESA GLAPAN

               Selasa 23 Juli 2019 ,Sudah menjadi agenda rutin setiap tahun pada bulan apit atau Dzuqoidah di setiap desa mengadakan acara sedekah bumi (apitan) atau bersih desa nguri-nguri budaya jawa  .tak terkecuali di Desa Glapan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan, juga mengadakan acara sedekah bumi ,Pada tahun ini acara tersebut jatuh pada hari Selasa 23 Juli 2019 . Sedekah Bumi adalah semacam upacara atau jenis kegiatan yang intinya untuk mengingat kepada Sang Pencipta, Allah SWT, yang telah memberikan rahmatNYA kepada manusia di muka bumi ini, khususnya kepada kelompok petani yang hidupnya bertopang pada hasil bumi. Di perdesaan, atau pinggiran kota, yang masyarakatnya hidup dari bertani (palawija, bukan padi) biasanya melakukan kegiatan sedekah bumi. Mereka percaya bahwa dengan bersyukur maka Allah SWT akan menambah kenikmatan-kenikmatan lagi, Allah akan menyuburkan tanah mereka, Allah akan menambah hasil panen mereka, dan Allah akan menghilangkan “paceklik” pada hasil bumi mereka.

 

Makanya masyarakat Desa Glapan  dengan sadar dan penuh semangat melakukan kegiatan ritual ini, meskipun dengan cara yang sederhana. Biasanya acaranya  pagi diisi dengan doa dan tahlil bersama di rumah Kepala Desa dan pada siang hari semua warga datang ke Rumah Kepala Desa Bambang Sukoco  dengan membawa Nasi lauk kudapan dan ayam panggang .Dari dulu acara sedekah bumi ( apitan ) di Desa Glapan dirayakan dengan sederhana .Pada acara sedekah bumi di hadiri Perangkat Desa ,BPD ,Babinsa dan Babin Kamtibmas .Acara sedekah bumi tahun dpat berjalan dengan Lancar dan kondusif dan untuk pertama kalinya untuk Bapak Bambang Sukoco Sebagai kepala Desa Baru di Desa Glapan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan.

Pada acara tersebut  Bapak Kepala Desa Gapan Bambang Sukoco  menyampaikan Sambutannya  “ Dengan adanya acara Sedekah bumi (apitan) ini marilah kita berdoa bersama semoga Desa kita diberikan hasil panen yang melimpah ,desa aman dan kondusif mari bersama-sama membangun desa kita untuk lebih maju dan berprestasi agar setara dengan desa-desa yang lain yang lebih maju.selain itu untuk kedeapannya peran generasi muda desa ini sangat kami harapkan menyumbangkan aspirasinnya dan kemampuanya untuk membangun desa Glapan menjadi desa teladan bagi desa-desa yang lainnya”  (mbcrk)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*