Program Kartu Tani memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat Kartu Tani adalah membantu proses distribusi pupuk subsidi agar lebih tepat sasaran. tidak semua orang dapat memiliki kartu ini. Sebab, ada rangkaian proses yang harus di jalani. Tujuannya agar bantuan subsidi pupuk benar- benar tepat sasaran. Persyaratan utama mendapatkan kartu ini adalah petani harus tergabung dalam kelompok tani atau subak . Kartu Tani ini bukan hanya untuk pupuk. Tapi inisiasi dalam intervensi pemerintah, cara pemerintah menyaluran dukungan untuk peningkatan produktivitas dan produksi pertanian . Dan pemanfaatan pertama adalah pupuk subsidi, di dalamnya juga terkait pendataan jumlah petani, berapa luas lahan sawah, dan lainnya.

Dalam rangka mendukung program pemerintah,  Selasa 01 November 2022 dilaksanakan pembagian kartu tani di Balai Desa Glapan dengan jumlah petani sebanyak 94 orang. Pembagian kartu tani ini juga sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2021 tentang Penetapan Alokasi dan Harga Eceran Tertinggi Pupuk Bersubsidi sektor Pertanian. Dalam Permentan tersebut memuat tentang kartu tani dimana kartu tani ini merupakan kartu yang dikeluarkan oleh Perbankan kepada Petani untuk digunakan dalam transaksi penebusan pupuk bersubsidi melalui mesin Electronic Data Capture di pengecer resmi. Sehingga kartu tani ini merupakan cara yang digunakan untuk penyaluran pupuk bersubsidi kepada para petani.

Pembagian kartu tani ini dihadiri oleh Pemerintah Desa Glapan, para petani, gapoktan, serta pihak dari bank BRI yang memberikan kartu tani. Penerima kartu tani ini tidak dapat diwakilkan, apabila diwakilkan harus membawa surat keterangan dari desa. Pembagian kartu tani dapat berjalan dengan baik dan lancar. Harapan petani semoga pembagian kartu tani bagi petani yang kartu taninya belum tercetak secepatnya dapat dibagikan, pengamprahan dan pengambilan pupuk dapat dipermudah . (SID Glapan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0Shares