Glapan (23-06-2022).Seperti waktu-waktu sebelumnya, setiap tahun pada bulan Apit tanggalan jawa   di desa kita tercinta ini selalu menyelenggarakan acara sedekah bumi yang secara bersama-sama oleh semua warga Desa Glapan . Sedekah bumi atau Apaitan  atau biasa disebut dengan acara bersih desa adalah salah satu warisan tradisi dan kebudayaan di desa kita ini   yang harus kita jaga dan lestarikan bersama. Sedekah Bumi adalah salah satu upacara tradisional untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Sang Pencipta. Upacara ini masih banyak kita jumpai pada masyarakat di daerah pedesaan, yang kehidupannya ditopang dari sektor pertanian. Upacara Sedekah Bumi ini menjadi sarana ucapan terima kasih warga setempat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia yang diberikan. Seluruh penduduk berkumpul dengan penuh suka cita untuk mengungkapkan rasa terima kasih mereka melalui berbagai kegiatan ritual keagamaan dan pesta rakyat. Bagi masyarakat Jawa khususnya para kaum petani, tradisi sedekah bumi bukan sekedar rutinitas atau ritual yang sifatnya tahunan. Akan tetapi, tradisi sedekah bumi mempunyai makna yang mendalam. Selain mengajarkan rasa syukur, tradisi sedekah bumi juga mengajarkan pada kita bahwa manusia harus hidup harmonis dengan alam semesta. Sedekah bumi merupakan wujud ungkapan rasa syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rejekinya kepada kita semua, terutama warga Desa Glapan .

Untuk mengawali acara sedekah bumi telah dilaksanakan mulai pagi hari dengan acara tahlil dan bacaan manaqib dan di siang hari prosesi tradisi yang menggambarkan petani mengolah lahan pertanian yang dilakukan pamong desa dengan membawa alat pertanian ,alat utk membajak dan kuwali berisi dawet semua itu merupakan simbol dari usaha pertanian , untuk selanjutnya kita akan dengarkan mohidhokasanah dari kiyai haji kenan qodhi  sebelum kita bersama-sama berdoa u ntuk usaha pertanian ,perternakan dan usaha lainnya


Semoga dengan diadakannya acara tahunan ini, dapat membawa berkah bagi kita semua dan membuat desa kita semakin semangat untuk menjaga lingkungan, serta memajukan perkembangan desa glapan  terutama dalam hal pertanian dan pembangun sehingga membawa kesejahteraan bagi kita semua . Selain itu, untuk ke depannya peran generasi muda desa ini sangat kami harapkan untuk ikut menyumbangkan aspirasi dan kemampuannya untuk membangun desa Glapan  menjadi desa teladan bagi desa-desa yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RSS
Follow by Email