Kegiatan Posyandu lansia

Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di Desa Glapan yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas 2 gubug Melalui Forum Kesehatan Desa (FKD) Desa Glapan dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat ,Tim Penggerak PKK Desa ,dan Mahasiswa IAIN Salatiga yang lagi melaksanakan KKN di Desa Glapan dalam penyelenggaraannya.

Dan kegiatan itu diselenggarakan pada hari Jumat tanggal 21 Januari 2022 yang di selenggarakan di Balai Desa Glapan ,Pada posyandu lansia ini di awali dengan kegiatan Senam untuk lansia setelah itu diadakan pemeriksaan keseahatan penyuluhan kesehatan pada Lansia .Karena antusias nya warga lansia yang mengikuti posyandu lanias peserta posyandu lansia mebludak melebih target yang di tentukan yaitu sekitar 80 lansia dari 40 lansia sehingga membuat kader-kader kesehatan dan Petugas Puskemas 2 agak kewalahan namun di bantu dari anak-anak KKN IAIN Salatiga Posyandu lansia berjalan dengan lancar .

Pemerikasaan kesahatan lansia


Tujuan pembentukan posyandu lansia secara garis besar antara lain :
a. Meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia
b. Mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.
1. Sasaran langsungnLansia kali ini adalah :
Kelompok pra usia lanjut (45-59 tahun)
Kelompok usia lanjut (60 tahun keatas)
Kelompok usia lanjut dengan resiko tinggi (70 tahun ke atas)

2. Sasaran tidak langsung
Keluarga dimana usia lanjut berada
Organisasi sosial yang bergerak dalam pembinaan usia lanjut Masyarakat luas

Pemberian PMT Lansia

Mekanisme Pelayanan Posyandu Lansia
Berbeda dengan posyandu balita yang terdapat sistem 5 meja, pelayanan yang diselenggarakan dalam posyandu lansia tergantung pada mekanisme dan kebijakan pelayanan kesehatan di Desa Kekeran . Ada yang menyelenggarakan posyandu lansia sistem 5 meja seperti posyandu balita, ada juga hanya menggunakan sistem pelayanan 3 meja, dengan kegiatan sebagai berikut :
– Meja I : pendaftaran lansia,

– Meja II : pengukuran dan penimbangan berat badan dan atau tinggi badan
– Meja III : Melakukan pencatatan berat badan, tinggi badan, indeks massa tubuh (IMT).

– Meja IV : Penyluhan dan Kosling Kesehatan ;
– Meja III : Pemeriksaan Kesehatan dan pengobatan ringan atau rujukan dan PMT .

diharapkan dari kegiatan Posyandu lansia ini para lansia mendapatkan pelyanan kesehatn dengan baik dan penyuluhan kesehatan di desa melalui FKD yang mendapatkan anggaran dari Pemerintah Desa yang bersumber dari Dana Desa .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

0Shares