Musyawarah Desa Penetapan Hasil Pemutahkiran Data IDM (Indek Desa Membangun) berbasis SDGs Desa Tahun 2021 di Balai Desa Glapan Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan, Pada hari Sabtu (29/ 05/ 2021) Desa Glapan telah menyelesaikan dan merampungkan Pemutahkiran data berbasis Tujuan membangun berkelanjutan atau Sustainable Develoment Goals (SDGs) Desa sebelum tanggal 1 Juni 2021 sudah selesai seluruhnya dari data manual (ofline) dan Uplod data (online).

Dengan keberhasilan ini Desa Glapan Kecamatan Gubug Kabupaten mendapatkan Apresiasi dari Tim Kecamatan dan pendamping Desa sehingga dapat memotivasi Desa-desa lain di kecamatan Gubug.

Pemerintah melalui Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigarasi Nomor 2 tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun (IDM) menegaskan bahwa dalam rangka percepatan pencapaian sasaran  pembangunan desa dan kawasan perdesaan yang berkelanjutan bagi pengentasan desa teringgal dan peningkatan desa mandiri ,maka perlu disusun ketersediaan data sebagai dasar pembangunan Desa dan kawasan perdesaan serta penetapan status kemajuan dan kemandirian desa

SDGs merupakan turunan dari Peraturan Menteri Nomor 59 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan atau SDGs Nasional.SDGs Desa diharapakan sebagai acuan untuk pembangunan 2022-2025.

“SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dalam bahasa kerennya Sustainable Development Goals disingkat SDGs. SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021. Upaya pencapaian SDGs desa dalam situasi dan kondisi Pandemi COVID-19 tidaklah mudah, karena itulah, penggunaan dana desa 2021 diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung pencapaian 10 (sepuluh) SDGs desa yang berkaitan dengan kegiatan pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional, dan adaptasi kebiasaan baru desa.Dan pada saat ini pemutahkiran SDGs sudah selesai baik secara manual dan uplod data survey Desa ,Survey RT ,Survey KK dan Survey Individu ,kami sangat berterima kasih dan bangga kepada semua Pokja Relawan Pendataan SDgs yang sudah menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu”  dalam sambutannya Kepala Desa Glapan Bambang Sukoco di Mudes tersebut .

“saya sangat mengapresiasi  dan bangga atas kerja Tim Pokja pendataan SDGs Desa Glapan atas kompakan sehingga dapat menyelesaikan Pendataan SDGs sebelum tanggal 30 Mei 2021 sekaligus sebagai Desa yang pertama sekecamatan Gubug dan  pada urutan ke 2 se kabupaten Grobogan.ini merupakan Prestasi yang membanggakan bagi kami dan sekaligus mengucapkan terima kasih atas perjuangannya menjalankan tugas dengan baik “ sambutan Sekcam Gubug Ibu Kuspriyati.S.STP.MH yang hadir di Musdes Penetapan Hasil Pemutahkiran Data SDGs.

Dari laporan Ketua Pojka Relawan Penadataan SDGs Desa dari  hasil Pemutahkiran Data SDGs Desa 2021 sebagai berikut :

  1.  
    1. Survey Desa

Survey Desa yang telah diselesaikan terdiri dari data lokasi, pemerintahan desa, musyawarah desa, regulasi, APBDes, asset desa, layanan, kerjasama, lembaga kemasyarakatan desa, BUMDes, unit usaha BUMDes, infrastuktur dan lainnya.

  • Survey RT

Jumlah RT yang telah didata sebanyak 18 ( Delapan Belas ) RT dan sebanyak 5 (Lima) RW, yang terdiri dari data lokasi, pengurus RT/RW, lembaga ekonomi, industri, sarana ekonomi, fasilitas ekonomi, infrastruktur, lingkungan, bencana, mitigasi bencana, sarana pendidikan, kesehatan, kejadian luar biasa, agama/sosbud, lembaga keagamaan, lembaga kemasyarakatan, keamanan, tindak kejahatan dan kegiatan warga.

  • Survey Keluarga

Jumlah Keluarga yang telah didata sebanyak 637 (Enam Ratus Tiga Puluh Tujuh ) keluarga, yang terdiri dari data lokasi dan pemukiman, akses pendidikan, akses kesehatan, akses tenaga kesehatan, akses sarana prasarana, dan lain-lain.

  • Survey Individu

Jumlah individu yang telah didata sebanyak 1917 .(Seribu Sembilan Ratus  Tujuh Belas  ) jiwa, yang terdiri dari data individu, pekerjaan, penghasilan, kesehatan, disabilitas dan pendidikan.

Semoga dari hasil pemutahkiran Data SDGs Desa ini  dapat menjadi dasar acuan penyusunan RKPDesa 2022  dan APBDesa 2022 (mbc).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *