Glapan : Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) secara gratis merupakan program Kementerian Kesehatan sejak lima tahun terakhir. Program utamanya, Eliminasi Penyakit Kaki Gajah.

Pemberian obat kaki gajah utamanya dilakukan di wilayah endemis filariasis di Indonesia. Masyarakat diberikan obat kombinasi diethylcarbamazine (DEC) dan Albendazole yang dikonsumsi satu kali selama lima tahun. Targetnya, POPM minimal 65 persen dari penduduk yang berusia 2 sampai 70 tahun.

pada hari selasa tanggal 4 Agustus 2020  Tim Penggerak PKK Desa Glapan menugaskan Kader-Kader PKK Desa Glapan untuk melaksanakan kegiatan tersebut .Karena masih dalam Pandemi Covid 19 maka Kader-kader  melaksanakan kegiatan tersebut dengan protokol Ksehatan membawa Masker atau Face Shield dan handsanitaizer selain itu untuk menghindari kerumunan warga maka kader membagikan dengan dor to dor ke warga Desa Glapan untuk membagikan obat pencegah penyakit Kaki Gajah dan sekaligus  memberikan penjelasan kepada warga manfaat dari minum obat Penyakit Kaki Gajah.Kader serta memberikan Penjelasan dosis minum oabt tersebut sesuai anjuran dari  surat dari Puskemas Gubug II pada kesempatan ini  untuk di Desa Glapan sudah  tahun ke 4 dari 5 tahun Target yang di anjurkan pemerintah .

Filariasis atau yang lebih dikenal dengan sebutan penyakit kaki gajah, masih menjadi masalah kesehatan yang serius di Indonesia, karena baik anak-anak maupun dewasa, baik pria maupun wanita, semua bisa tertular penyakit kaki gajah. Filariasis ditularkan dengan perantaraan nyamuk sebagai vektornya. Berbeda dengan penyakit DBD atau Malaria yang hanya ditularkan oleh satu jenis nyamuk tertentu, penyakit Filariasis dapat ditularkan oleh semua jenis nyamuk. maka pencegahan yang perlu dilakukan adalah pemberantasan sarang nyamuk, menghindari gigitan nyamuk dan minum obat pencegah kaki gajah yang telah disediakan pemerintah, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan dengan tanpa biaya.Dengan adanya gerakan minum obat kaki gajah dapat mencegah penularan  penyakit Kaki Gajah di Desa Glapan(mbc)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

0Shares