( 28-07-2020), Pariwisata merupakan salah satu program unggulan pemerintah Indonesia. Salah satu sektor pariwisata yang dewasa ini gencar dipromosikan adalah desa wisata. Desa wisata berupa kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus yang layak untuk menjadi daerah tujuan wisata. Di kawasan ini penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli. Selain itu, beberapa faktor pendukung seperti makanan khas, sistem pertanian, dan sistem sosial turut mewarnai sebuah kawasan desa wisata.

Pembangunan desa wisata mempunyai manfaat di bidang ekonomi, sosial, pendidikan, iptek, sosial budaya, dan lingkungan. Di bidang ekonomi desa wisata dapat meningkatkan perekonomian masyarakat lokal maupun di tingkat regional. Desa wisata memacu tumbuhnya ekonomi kreatif, di mana warga membuat suvenir dan aneka kerajinan tangan yang memiliki nilai jual tinggi. Selain itu, di desa wisata banyak bermunculan warung makan, warung sembako, dan lain sebagainya. Ya, desa wisata membuat kesejahteraan warga setempat meningkat.

Untuk itu Pemerintah Desa Glapan juga ingin menjadi Desa Wisata dengan Potensi yang ada dengan kreatifitas Pemuda Desa Glapan dalam Wadah Karangtaruna ‘Tunas Karya  ” menggali Potensi wisata yang ada berupa Bendungan air Peninggalan Jaman Belanda ,Jembatan juga peninggalan Jaman belanda ,Susur Sungai Tuntang,Batu Yoni ,Tempat untuk Camping puncak mbayang kaki  dan sendang Wedelan semua itu merupakan potensi untuk destinasi Wisata di Desa Glapan.

Bendung Air  Glapan

Jembatan Glapan 

Susur Sungai Tuntang


Yoni 

Sunrise Di puncak Mbayang kaki

Saat ini Pemerintah Desa bersama Karangtaruna “TUNAS KARYA ”  sedang menyusun Konsep yang sesuai dengan potensi wisata yang ada di Desa Glapan sehingga menjadi tujuan wisata yang menarik.Dengan berhasilnya Desa Glapan menjadi Desa Wisata dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian warga Desa Glapan ,selain itu dapat meningkatkan PAD karena Desa Glapan termasuk Desa berPAD rendah di Kecamatan Gubug.(mbc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

0Shares